Jumat, 08 Mei 2009

Tanya jawab sahabat Tips Blogger

Ruang ini dikhususkan untuk sahabat tips blogger yang ingin bertanya tentang Tips blogger, tutorial blogspot, kode html, Seo, bisnis online, dan hal-hal yang berhubungan dengannya.

Sahabat tips blogger bisa mengirimkan pertanyaannya pada kotak komentar pada postingan ini, saya membuat ruang ini bertujuan untuk mencoba lebih membantu sahabat semua yang ingin mudah dalam memajukan dan mengembangkan blognya.

Jadi jangan sungkan apabila kamu memiliki pertanyaan, langsung saja tulis atau kirim pertanyaan kamu pada saya, di kotak komentar yang ada...



Silahkan mengirimkan pertanyaan kamu pada kotak komentar di bawah ini, diharapkan pertanyaan tidak berbau spam dan hal-hal yang tidak relevan dengan pembahasan pada tips blogger ini.

Semoga rungan ini cukup membantu kamu semua. Salam Tips blogger...


Read this | Baca yang ini



Widget by [ Tips Blogger-Tutorial Blogger Pemula ]

60 comments:

didi mengatakan...

wah berguna banget bang..teng's banget sebelumnya
jadi banyak belajar disini

Bang arie mengatakan...

Sama-sama di,,,semoga bermanfaat aja ya...

didi mengatakan...

bang gimana menganti warna tulisan di navbar atau header yah bang???
yang berisi tulisan tentang nama blog n deskripsi blog.
just warna tulisannya saja
teng's bang ats bantuannya

Bang arie mengatakan...

Gini caranya di

1. Klik kustomisasi atau customize

2. Terus masuk ke font and color atau pengaturan tulisan dan warna

3. Cari tulisan blog description color, dan blog title color.

4. Ganti warnanya sesuai yang kamu inginkan.

Kalau cara ini ga bisa, coba ke halamat edit template. Kemudian cari kode

#header {
margin: 5px;
border: none;
text-align: center;
color:$pagetitlecolor;
}

Ganti $pagetitlecolor dengan kode warna, misal merah dengan #cc0000. Itu untuk menggantik warna tulisan judul blog.

Kalau deskripsi blog, cari kode

#header .description { text-transform:uppercase;
letter-spacing:.2em;
line-height: 1.4em;
font: $descriptionfont;
color: $descriptioncolor;
} . Ganti $descriptioncolor dengan kode warna seperti cara sebelumnya.

Ok ya di...

imam mengatakan...

bang arie,saya mau tanya..
saya sering melihat artikel2 pada blog yang hanya berupa review atau cuma judul di bagian home..kemudian seperti home di blog ini pun setelah sedikit review artikel kemudian ada tanda ([...] Next) yang kalo diklik baru menampilkan artikel secara lengkap..
mohon jawabannya bang...

Yasirli mengatakan...

@Imam : Ou itu namanya Read more atau pemenggalan artikel pada halaman utama. Cara membuatnya klik disini.

imam mengatakan...

sip,makasih bang...

kelik mengatakan...

Bang Arie.. tutorialnya berguna banget bwt blog ku.. tp aku da pertanyaan nih.. bisa ga bwt kotak komentar yang mirip punyanya wordpress???

Bang arie mengatakan...

@Kelik : Bisa kalau kamu menggunakan Php dan hosting. Karena pada wordpress formatnya menggunakan Php.

Hendro W mengatakan...

Bang arie di blog saya ada menu (Home,Tentang,Arsip,Kontak)tapi yang berjalan baru 2 (Home dan Tentang) yang 2 (Arsip dan Kontak)belum bisa saya jalankan :-/tolong bantuannya,saya udah coba2 tp masih belum bisa. Thx b4.

Bang arie mengatakan...

hallo mas hendro...

Maksudnya sudah bisa dijalankan yaitu pemasangan linknya?. Sepertiya saya harus melihat blog mas itu. Atau apabila mas ingin mencoba sendiri, coba buka halaman edit template.

Kemudian tekan "Control+f" bersamaan, masukkan tulisan arsip. Mas akan melihat kode yang tertera pada arsip tersebut. Kemudian pasang link yang mas inginkan disana. Format pemasangannya <a href='linkyangingindipasang.com'>Arsip</a>

Apabila masih belum bisa silahkan ditanyakan lagi...

Hendro W mengatakan...

makasih mas infonya udah saya coba n bisa...thx b4.

Bang arie mengatakan...

Sama-sama mas hendro, jika ada pertanyaan lagi jangan sungkan.

Hendro W mengatakan...

mas saya mo tanya lagi neh.. gpp ya :D saya mo merubah blog jadi nofollow lagi kok ga bisa ya? setiap kali di save selalu gagal pesan errornya ( g bisa di parse ) kira2 salahnya dimana ya? Makasih sebelumnya....

Bang arie mengatakan...

Pemasangan dan penempatannya harus benar mas...kalau masih tidak bisa coba clear private data pada komputer mas dulu. Caranya buka tools > clear private data.

Jika masih tidak bisa, coba hari lainnya untuk memasang kode rel='nofollow' itu.

Cheryl's Cake mengatakan...

Bang Arie, bagaimana caranya menaruh tulisan pada image/foto yang kita add / sisipkan di blog kita ?

Bang arie mengatakan...

Maksudnya naruh tulisan gimana ya?.

Tutorialm mengenai gambar coba kamu baca di

http://tips-tutorial.blogspot.com/2009/07/tutorial-memasang-gambar-pada-posting.html

FAHRIZAL. MA mengatakan...

saya mau menanyakan, saya sudah buat bloger setahun yg lalu, sekarang saya mengubah alamat blog saya ke www,luengbimba.co.cc, tp masalahnya waktu saya set semua alamat tersebut tidak tampil dan ada tulisan (Blog ini tidak di-host oleh Blogger dan belum diperiksa untuk spam, virus dan bentuk malware lainnya.) bagai mana saya memperbaikinya, tolong jawab ya, saya sangat butuh jawaban itu dan kirimkan ja jawabannya ke izal_lphc@yahoo.co.id trima kasih bantuannya.

Bang arie mengatakan...

Sepertinya mas harus mengatur Dns nya ke blogger, karena mas memakai domain dari .co.cc

Caranya login ke dot co.cc tadi kemudian atuar Dns nya, masukkan kode dns blogger. Cari saja di internet tentang kode dns blogger.

Lalu login lagi ke blogger dan atur alamat blog mas, itu saja.

Vita mengatakan...

mas help me plz..
kotak komentar yang biasanya ada di bawah entry itu enggk keluar lagi setelah aku ganti theme. :(( themenya namanya 'Vibrant'

aku udah puter2 googling sana sini berhari hari enggk ketemu juga kode2 yang bisa fix problem ini :( bete.

apa aku musti ganti theme lagi? tapi aku udah terlanjur sayang sama theme ini :((

kalau mas bisa membantu masalah ini,
mohon pencerahannya ya mas, nggak lupa sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih banyak
Regards~~
Vita

zuwanto mengatakan...

sebelumnya salam kenal dan hormat,

Saya baru saja ganti template.... dan karena kelalaian akhirnya bablas semua widget2nya..:((

Saya mau nanya.. kenapa ketika berada di home, kok posisi sidebar berada dibawah posting.

Mohon berkenan untuk memberi petunjuk menyelesaikan masalah ini.

Bang arie mengatakan...

@Zuwanto : Saya sudah lihat Blognya mas, coba lihat outer wrapper (berapa besarnya) dan lihat juga main wrapper serta sidebar wrapper.

Perkiraannya seperti ini,

Jika outer wrapper 900, maka jumlah main wrapper + sidebar wrapper tidak boleh lebih dari 900.

Yang kedua adalah, coba lihat pada main wrapper/sidebar wrapper...

float:StarSide

atau

float : endSide

Anda bisa mencobanya dengan mengganti-ganti kode tersebut, endSide atau StarSide .

silahkan Dicoba...

YIW Virgo mengatakan...

Mas... sorry sebelumnya... saya punya 2 pertanyaan skaligus, mudah2an mas berkenan menjawabnya :)

1. Kenapa blog saya kalo di buka menggunakan Mozilla firefox tampilannya utuh, tp kalo dibuka pake IE menubarnya tdk kebaca?
Ini blog saya http://motionbandbali.blogspot.com/

2. Gimana caranya membalik urutan comment?
Jadi comment yg diposting terbaru berada paling atas, sdgkan yg paling lama berada paling bawah.
Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih.

Arif Rahman mengatakan...

Mas Ari ..saya baru belajar blog ....dan saya punya blog namanya www.jawara-melilea.blogspot.com ...ketika saya mau login ke blog tsb tidak bisa ....tapi keluar peringatan sbb " This Connection is untrusted" ......apa maksudnya dan apa yang harus saya lakukan agar saya bisa mengeblok kembali tks

Bang arie mengatakan...

@YIW : jawaban saya,,,

1. Karena ada beberapa template yang ga support pada browser lain selain mozilla

2. kalau itu harus mengedit di htmlnya.

@arif : ouh kalau itu masalah koneksi internet kamu, km make koneksi apa?

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah udah bener mas dan udah bisa ngeblog lagi....saya pake speedy

Bang arie mengatakan...

@Bisnis Motivasi : Ok deh mas,,,hehehe.

hendro w mengatakan...

Bang arie..saya hendro,mau tanya lagi nih... saya habis ganti template baru di sana sudah ada menu nya (Home,About..dll) ada juga RSS Feed sama kolom pencarian tapi saya masih belum bisa ngedit nya agar menu2 itu bisa jalan... mohon bantuan nya. Makasih banyak sebelumnya... ( ini alamat blog saya www.whendro.co.cc )

Bang arie mengatakan...

@mas hendro : coba buka halaman edit template.

Kemudian tekan "Control+f" bersamaan, masukkan tulisan about. Mas akan melihat kode yang tertera pada arsip tersebut. Kemudian pasang link yang mas inginkan disana. Format pemasangannya <a href='linkyangingindipasang.com'>About</a>

LopH aRiEN mengatakan...

met siang mas ari...
mow nanya ne, kemaren kan saya lagi giat2 nya masukin animasi keik slide photo gitu ama tulisan gliter ke blogspot saya *maksud nya supaya cantik gitu blog na*, dan hasil na emang memuaskan:D, tapi saya coba lagi masukkin "pingbox Yahoo" n install YM10, tapi ternyata slide photo thu n gliter na udah gak working lagi:((, saya coba lagi n lagi dengan masukkin code html yang bru ke gadget, tetep gak bekerja, jadi gimana mas yea supaya gadget yang saya tambahkan bisa active lagi...?? share dunkz, t4

wah makasih mas infonya, kebetulan sekali saya baru belajar nih.... :-*

Astaga.com lifestyle on the net mengatakan...

Numpang nyepam di blognya spamer, hahahaaa =))

yasirli mengatakan...

@ : Wee,,,darimana nih cumi dateng , bayar sini kalau mau nyepam ;)

NegeriAds.com Solusi Berpromosi mengatakan...

Wew mantap bro

NegeriAds.com Solusi Berpromosi mengatakan...

Hallo sayang... Pakar nih ??

d'araCM mengatakan...

Tanya shob... mengembalikan blog yang tidak tampil di halaman dashboard. trims

admin klinik 24jam al-ishlah mengatakan...

bang arie kok alamat blog saya tidak dapat di akses ma orang lain??apabila inngin di akses ma orang lain secara lansung dengan menuliskan alamat blog saya, blog saya tidak dapat ditemukan, alamat blog saya bang ( klinik_al_ishlah.blogspot.com )thx bang atas tanggapannya..

Yasirli mengatakan...

Coba Lihat di pengaturan permissionnya,

klik setting >> Persmission,

di bawah ada pengaturan "Who can view this blog?" , nah itu apa sudah pada centang anybody?...

Nitha Yusuf mengatakan...

Mas saya butuh batuan... td saya iseng ganti template, trus pas saya ganti ke template awal, kok judul blognya jd dua? :-/:-/:-/ udh gitu kolom main posting-nya juga jadi dua,,, plissss,,,, mohon bantuannya yah mas... trims...
tlng liat dlu di sini : http://nithayusuf.blogspot.com

Pasang Iklan Gratis Sebagai Awal Mulai Bisnis Online mengatakan...

Ternyata fasilitas blogger itu semakin banyak yah kang,nggak menyesal saya bergaubung dengan blogger.

Set Hanz mengatakan...

gimana caranya ngembaliin slide foto yg tb" nggak mau jalan lg?
lihat blog saya : http://smaptafirstgeneration.blogspot.com/

tolong solusi HTML nya ya.

Sutardji mengatakan...

Halo mas, saya mau tanya . . .
Sy baru belajar ( makanya nanya, hehehe ) buat blog. Sy udah bisa bikin TabView ( itupun setelah google dulu caranya ), terus waktu saya posting, hasil postingan tidak masuk ke tabview tapi ke arisp blog. Nah, bagaimana psotingan bisa masuk ke TabView sesuai dengan jenis Tab yg udah dibikin tadi. Misalnya TabViewnya Puisi, gimana semua puisi masuk kesitu. Yg bukan puisi ya ke Tab yang sesuai. Di email aja ya mas selain dibalas di blog mas? Boleh tidak? Email ke adji.tricom@yahoo.co.id

Yasirli mengatakan...

@Sutardji

sepertinya kalau tabview itu harus dimasukin secara manual (pada blogspot) berbeda dengan wordpress

Emen Alhafiz mengatakan...

aslm..

mas saya mw ty nih, mohon bantuannya,.. kok di blog saya reaksi, komentar, sama post in nya kok ada di samping kiri ya ? gmn cara ngerapihinnya,
blog saya http://emen-alhafiz.blogspot.com

trus kok salam yg ada waktu buka blog saya timbul setiap mw buka artikel d blog ? gmn biar cuma timbul satu kali aja pas mw buka blog...

makasih banyak mas... saya Doakan biar mas ilmunya manfaat, sukses selalu...

waslm

Anonim mengatakan...

pengen tampilan perdana pas diliat ke salah satu entri aja gimana ?
punyaku pas pertama masuk yang tampilan pertama yang keluar itu entri yang terakhir dibua, gmana yah ??
baru blajar

kampongbulu mengatakan...

[help,please] bang tolong dong,
bagaimana mengatsi halaman edit template yang menjadi blank(kosong)???? blog ane edit templatenya kosong,htmlnya gak bisa dilihat bang...hiks,,,tolong donk

Unknown mengatakan...

Saya baru membuat akun bloger, tapi tampilan blog yang baru beda dengan yang lama. Yang jd permasalahan saya disini, saya kesulitan menambah aplikasi untuk blog seperti buku tamu, daftar isi, mp3 dll. Karena d blog yang baru tdk tersedia menu widget, edit HTML dll. Mohon info....Tks

Anonim mengatakan...

perkenalkan nama sy dedy. mas mau nanya ni.. saya kan udah bikin blog.. masih pemula si. . heheheh gini mas, pada halaman utama kan saya sudah atur, artikel yang keluar hanya 5. tapi koh cuma muncul 1. gemana ni mas??? saya udah berulang kali ngatur, tapi cuma muncul 1.

Unknown mengatakan...

selamat malam mas aku coxy
Begini mas ceritanya akhir2 ini aku jarang buka blog saya ya karna sibuk ma pekerjaan ,pas kemaren aku sempetin buka eh apa yng kulihat foto akun blog saya gak nampak e malah ada tulisan warna biru kurang lebihnya seperti ini "11th July Now you can add "ad code" from any desktop ad network!"maklum mas aku gak ngeti bhs inggris sedikit pencerahannya sangat berarti bagi saya terimakasih .

Unknown mengatakan...

mas saya coxy
Saya munanya nih kenapa akun blog saya ada tulisan biru kurang lebih sprti ini11th July Now you can add "ad code" from any desktop ad network! Padahal kemaren masih ada gambar foto say sekarang jadi tulisan sperti itu mohon bantuannya mas .makasih,:|

Adnan Hidayat mengatakan...

mas tolong blog saya dong :
kok blog saya postingan 1-3 nya jaraknya sangat jauh sedangkan postingan 4-6 berdekatan bagaimana cara penyelesaiannya.

iwan mengatakan...

pagi gan..
ane blogger pemula nih.. hal yg pgn aq tanyakan, mengapa blogspot yg sudah aq buat kok gak bisa jalan ya.. atau dengan kata lain masuk ke www.blogger.com lagi.. mohon bantuannya nih..
makasih..

Yasirli mengatakan...

@mas Adnan : maksudnya gimana ya?, apa dari segi tampilan blog?, boleh saya tau alamat blognya?

@Mas Iwan : hmm..alamat blognya apa mas?

Adi Prasetyo mengatakan...

Gan aku pingin blog saya pada bagian laman bisa dipostingkan lebih dari satu seperti halaman posting. sehingga artikel yg saya masukkan bisa lebih dari 1 artikel tetapi halaman tidak terlalu panjang. tak tunggu jawabannya di adiprasetyo4@yahoo.co.id. trims gan

semuanyaadadsini.blogspot.com mengatakan...

mas, mohon minta bantuan nih, lagi pusing tentang bagaimana mengatur widget di satu kotak gadgetHTML agar rapih, contohnya : widget tentang statistik blog kan bermacam tuh bentuknya terus saya bikin 3 widget yang berbeda2x bentuk supaya rapih(widgetnya bisa diletakkan di samping widget yang lain tuh gmn ?? tolong pencerahannya< dan mohon lihat blog saya untuk lebih jelas lagi di http://semuanyaadadsini.blogspot.com

Yasirli mengatakan...

@semuanyaadadsini.blogspot.com untuk mengatur seperti itu harus diatur dari penataan html nya mas, agak sulit memang tapi coba dipelajari... :)

Unknown mengatakan...

mas mau mintol nich...setiap kali memebuka/melihat postingan blogku selalu muncul 2 baris kalimat berbunyi
"Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kiri disini
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kanan disini" tepat dibawah judul postingan. gmn cara hilangin itu ya mas? gak enak dipandang mata soalnya, n maklum mas masih baru nich. in alamat blog saya http://brainfransiscosupit.blogspot.com...mohon bantuannya mas, thanx.


hanifah zakiyah mengatakan...

mau tanya, blognya blogger bisa dilengkapi dengan link upload gak?

maksudnya, aq pgen menyediakan link dmana disitu pembaca bisa nge upload gamabar..

bs gak ya? dan gimana caranya?

mas seem mengatakan...

gan mau tanyak nih..

gan kemarintu saya ganti alamt websites saya yng seblumnya ooneseem.blogspot.com menjadi masseem.blogspot.com..

nah masalahnya sekarang tu adalah; setelah saya cari di pencarian google ternyata posting blog saya masih ada dan memaki alamat yang lama n pas saya buka eh ternyata muncul halaman baru yang bilag bahwa alamat websaya udah di hapus.. trus saya priksa alamat yang baru.. ternyata belum ke indeks sama google.. terpaksa deh saya ubah ke alamt web yang lama lagi.. tapi sebenarnya saya ingin menggantinya dengan alamt blogspot yang baru.. mohon penjelasannya gan....

Afni Kamila mengatakan...

kaka mau tanya dong, poting kedua ku kalo dibuka di hape ga muncul tapi di komputer muncul itu knp kak? :(

Posting Komentar

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Untuk menggunakan emotion copy paste kodenya saja, budayakan berkomentar setelah membaca ya .

Note : Harap gunakan nama anda dan jangan menggunakan keyword-keyword tertentu atau komentar anda tidak akan dipublish...